Tips Merawat Rambut Rusak akibat Bleaching

0 Comments

Jakarta – Pewarnaan rambut terkadang didahului dengan bleaching yang menghilangkan pigmen pada rambut. Namun proses ini terkadang membuat rambut menjadi kering dan pecah-pecah. Perawatan yang tepat dapat membantu membalikkan efek negatif pemutihan, bahkan setelah beberapa sesi pemutihan.

Dilansir dari realsimple, berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan rambut yang diputihkan.

1. Istirahat selama sebulan

Banyak perangkat penata rambut dengan pemanas harus dihindari selama sebulan. Menurut Chase Kusero, penata rambut, Bolt Bleach memecah asam lemak alami di batang rambut, sehingga ANDA memberi waktu pada rambut Anda untuk sembuh. Menggunakan alat panas pada rambut yang diputihkan membuat helaian rambut yang sudah rentan rusak lebih mungkin terjadi. Jika Anda benar-benar harus mengeringkan rambut atau menggunakan alat penghangat lainnya untuk menata rambut, selalu gunakan pelindung panas dan turunkan setelan sebanyak yang Anda bisa dan diri Anda sendiri, ssst.

2. Oleskan minyak seminggu sekali

Helai rambut bukan satu-satunya yang terpengaruh oleh efek berbahaya pemutihan. Jika Anda pernah mengalami sensasi terbakar atau kesemutan di kulit kepala selama sesi pewarnaan, itu tandanya Anda telah terpapar pemutihan. “Bleaching terdiri dari agen alkali yang membuka kutikula rambut,” kata penata rambut Jennifer Korab. “Agen oksidatif yang menembus korteks rambut melarutkan melanin alami rambut (warna rambut alami). Ketika ini terjadi dapat menyebabkan luka bakar pada kulit kepala.”

Akibat paparan ini, kulit kepala bisa menjadi kering dan bersisik. Dapat dibedakan dari sisik karena serpihannya menyerupai bintik-bintik putih yang jatuh seperti partikel debu kecil, sedangkan sisiknya tebal dan berwarna kuning.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan perawatan kulit kepala yang mengandung minyak alami untuk membantu mengembalikan kelembapan yang hilang seperti, lebih baik lagi jika minyak dipanaskan. “Mengoleskan perawatan rambut minyak panas ke kulit kepala dapat membantu merangsang aliran darah dan mengendurkan kulit kering dan terkelupas di kulit kepala, yang menyebabkan kulit kepala mengelupas setelah dicuci, Boston.

3. Oleskan kondisioner tanpa dibilas

Sama seperti mengoleskan tabir surya di wajah Anda untuk mencegah kerusakan akibat sinar UV, rambut Anda juga membutuhkan perawatan yang sama. Oleskan kondisioner untuk melindungi rambut dari kerusakan lingkungan sepanjang hari.

Ujung rambut adalah yang paling lemah dan rapuh, jadi penting untuk selalu melindunginya dengan pelembab, serum, atau minyak bergizi setelah pewarnaan,” kata seorang Kusero.

4. Pangkas sebulan 6-12 bulan

Pemutihan berarti kekeringan dan kekeringan berarti ujung bercabang. Jika Anda ingin mempertahankan panjang tertentu dengan rambut yang diputihkan, jadwalkan potongan rambut atau trim secara teratur. Pemangkasan dapat membantu rambut tumbuh lebih panjang karena menghilangkan ujung bercabang. Jika serpihan atas dan tidak dipotong dengan cepat, kerusakan akan menyebar ke akar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.